Sometimes You Win Sometimes You Learn

Saat banyak orang menerima kekalahan sebagai hal pemakluman bahwa sometimes you win, sometimes you lose, pemenang sejati memaknai keggalannya sebagai proses pembelajaran mengambil pelajaran, bukannya meratapi kekalahannya tersebut.

Arthur Ashe aktivis dan petenis pernah mengatakan, “success is a journey, not a destination,” sukses bukan tujuan melainkan sebuah perjalanan. Standart kesuksessan sering kali ditandai kepuasan dengan pemncapai target yang diinginkan, padahal sebernarnya kesuksessan itu setiap langkah maju, setiap proses yang kita lakukan ketika meraih target tersebut. Tidak akan ada akhir untuk sebuah kepuasan, karena semakin tinggi pencapaian semakin tinggi pula target yang akan di set up untuk perjalanan kita selanjutnya.

Pelajaran apa saja yang kita bisa ambil dari sebuah kekalahan?

 

Saat gagal waktunya kita instropeksi niat

Apakah niat kita sudah benar saat memperjuangkan sesuatu? Bila niat kita memang hanya untuk diri sendiri, disadari atau tidak seringkali kekalahan yang kita dapat. Namun apabila niat kita untuk menolong sesama, menolong ajaran agama, memperjuangkan nasib keluarga Tuhan pasti akan membantu kita mengupayakan jalan kemenangan.

 

Kita sering kali kalah karena terburu-buru

Terburu-buru di sini ialah kita terburu-buru untuk menang, buru-buru ingin bisa menikmati hasil yang membuat kita lalai akan tugas sebenarnya. Kita sendiri yang telalu banyak menuntut hak dan melupakan kewajiban.

 

Kekalahan menghampiri saat kita merasa paling kuat

Jangan pernah merasa diri paling kuat dan hebat, karena di atas langit masih ada langit bukan? Jangan pernah menyombongkan diri dengan apa yang dipunyai, berlagak yang lain tak layak. Sebesar apapun kekuatanmu tetaplah berendah hati.

 

Saat kita kalah memimpin mungkin karena kita kurang berbagi

Pernah mendengar kalimat, “Semakin banyak kita berbagi, maka semakin banyak rezeki yang akan kita dapatkan.”  Yap … berbagi itu seperti sumur, makin ditimba isinya semakin jernihlah air dan manfaatnya.

Dengan beberapa hal yang saya sampaikan di atas semoga kita bisa memperbaiki diri dari sebuah kekalahan. Apa yang kita dapat harus kita syukuri, mungkin Tuhan sedang mengajarkan kita kekalahan untuk meraih kemenangan yang akan datang, who knows?

Comments are closed

COPYRIGHT 2013 - 2017 MOTIVASHION. All RIGHTS RESERVED.