Push Your Limit

IMG_9382

Masing-masing orang pastilah memiliki kelebihan dan keterbatasan dalam hidup ini. Ada berapa banyak kekurangan yang kita miliki? sebenarnya tidaklah penting menghitung berapa banyak kekurangan dan keterbatasan yang kita miliki itu.

Alangkah lebih baik jika kita berpikir, kekurangan yang ada jangan menjadikan kita untuk berhenti berprestasi. Alva Edison ilmuwan penemu bola lampu perama, memiliki kekurangan pendengaran sejak lahir. Ia tidak bisa mendengar suara lirih kecuali dengan teriakan.

Perlu ditanamkan dalam hati sesorang jika kekurangan dan keterbatasan bukanlah hal yang memalukan. Justru dengan kelemahan yang kita miliki kita harus bersyukur. Thomas Alva Edison tidak perlu mendengar berita negatif tentang dirinya, ia tidak perlu mendengar cacian karena pendengarannya melindunginya dari kata-kata yang sama sekali tidak membangun. Gangguan pendengaran tersebut justru yang membuatnya mampu, menciptakan penemuan-penemuan yang bermanfaat untuk manusia lainnya.

Artinya, setiap manusia harus memanfaatkan keterbatasannya sebagai keistimewaan untuk meraih prestasi dalam hidupnya. Keterbatasan yang ada pada diri kita, jauh lebih memberi keberhasilan dibanding dengan kekuatan yang kita miliki, misalnya harta kekayaan, fisik yang sehat dan lain-lain.

Contoh lain di Indonesia sendiri, pembawa acara yang pernah populer di eranya, mengalami lumpuh akibat multiple sclerosis. Pria kelahiran Sumenep, 52 tahun silam ini juga bukan orang yang lantas  merasa dunianya hancur. Ia tetap tidak menyerah, berusaha berkarya dan menerima ujian lumpuh tersebut dengan ikhlas.

Jangan pernah menganggap keterbatasan, kekurangan dan kelemahan kita sebagai akhir dari segalanya. Tidak ada yang bisa menjamin kita jadi apa nantinya, kuncinya kita harus ikhlas dan terus berdiri di atas keterbatasan yang kita punyai. Bangun kegigihan kita dan maanfaatkan keterbatasan yang ada dengan berkarya, bermanfaat sebaik-baiknya untuk orang lainnya.

Kalau ketemu jalan yang buntu, lompat. Kalau nggak bisa lompat belok kanan, belok kiri lalu berputar balik. Tidak bisa juga lakukan pengeboran, buat jembatan,  nggak bisa juga kita pakai drone, masih tetap nggak bisa lakukan penyelaman. Nihil juga, dobrak, push dan push terus sampai ketemu jalan keluar.

Comments are closed

COPYRIGHT 2013 - 2017 MOTIVASHION. All RIGHTS RESERVED.