Is This The Best You Can Do ?

Selalu lakukan yang terbaik, karena apa yang kamu tanam sekarang akan kamu tuai esok, lusa atau nanti. Jadi saya pernah membaca cerita ada seorang anak manusia yang sedang membawa motornya di jalan lantas terjebak hujan. Semakin lama hujan itu turus deras seperti bah, ia berhenti untuk berteduh di emperan toko. Tanpa melepas helm yang dikenakannya, ia menatap pada langit yang kelabu serta mengigil kedinginan. Dalam hatinya berkata, Ya Tuhan, hentikanlah hujan yang jatuh ini, ada banyak hal yang harus saya kerjakan. Ya Tuhan, aku mohon kabulkan doaku, aamiin.”  Tuhan pun mengabulkan doanya, syukur tak terhingga diucapnya ia pun melanjutkan perjalan kembali.

Pada saat yang berbeda, cuaca kembali buruk dan hujan kembali luruh ke bumi, membuat seorang anak manusia mengulangi kegiatan yang sama, menepi, berteduh dan kembali berdoa. Kali ini hujan tidak  berhenti padahal ia sudah berdoa pada Tuhan. Maka dia harus berpikir untuk sampai ke tempat yang dituju ia membutuhkan sesuatu agar tidak kehujanan. Ia berpikir harus membeli jas hujan untuk melindungi dirinya dari derasnya hujan.

Musim hujan belum berakhir, seorang anak manusia itu kini kembali terjebak hujan di tengah jalan, motornya mogok akibat kebanjiran.  Jas hujan yang dibelinya lupa ditaruh ke mana. Ia pun berusaha mencari bantuan agar tidak kehujanan, doa kembali dirapalkan, masih doa yang sama dan harapan yang sama. Kali ini Tuhan memberinya bantuan dengan kedatangan temannya yang kebetulan lewat di arah yang sama dan ia pun mendapatkan tebengan, sampai ke tempat tujuannya dengan selamat.

Kejadian di atas sebenarnya begitu sederhana, tetapi banyak memberi pemaknaan. Di hujan pertama ia berdoa agar hujan berhenti, di hujan kedua ia masih berdoa namun berpikir dan mencari cara. Pada hujan ketiga saat ia sudah mengerahkan segala kemampuannya ia berpasrah.

Tuhan pastilah mempunyai maksud dan tujuan dengan kejadian apa pun yang menimpa pada kita. Barangkali Tuhan ingin saat kita berpergian kita mengingatNya, barangkali Tuhan juga ingin kita berusaha nggak cuma doa-doa melulu. Dan sebenarnya juga Tuhan telah memberi kita kode secara halus, atas masalah yang ditimpakan untuk kita tersebut, pasti memiliki jalan keluar. Coba pikirkan kembali, betapa setiap masalah memiliki petunjuk untuk menyelesaikannya. Tuhan tidak pernah sekalipun meninggalkan kita, kemungkinan Tuhan mengagalkan sebuah rencana karena ingin kita lebih tekun, lebih serius dan sadar jadi orang haruslah selalu rendah diri.

Percayalah bahwa yang Tuhan telah berikan adalah yang terbaik dan yang harus kita lakukan ialah bersyukur dan menjaganya.

 

Is this the best you can do ???

Comments are closed

COPYRIGHT 2013 - 2017 MOTIVASHION. All RIGHTS RESERVED.